SulselKulinerRamadan

Kelezatan Kuliner Khas Ramadan di Sulawesi Selatan

INILAHSULSEL.COM – Ramadan, bulan suci bagi umat Islam, selalu disambut dengan penuh kegembiraan di seluruh Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan.

Di wilayah yang kaya akan budaya dan tradisi ini, bulan puasa tidak hanya menjadi momen untuk beribadah, tetapi juga merupakan saat untuk menikmati berbagai hidangan khas yang hanya tersedia selama bulan Ramadan.

1. Pallubasa

Pallubasa merupakan salah satu hidangan khas Sulawesi Selatan yang sangat populer selama bulan Ramadan. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam kuah kental yang kaya akan rempah-rempah, seperti kunyit, jahe, dan serai. Pallubasa sering disajikan dengan tambahan bawang goreng, jeruk nipis, dan sambal.

2. Coto Makassar

Coto Makassar adalah makanan yang tak boleh terlewatkan selama bulan Ramadan di Sulawesi Selatan. Terbuat dari jeroan sapi yang dimasak dalam kuah kental beraroma rempah, Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat atau burasa, serta irisan daun bawang dan jeruk nipis untuk memberikan rasa segar.

3. Sop Saudara

Sop Saudara adalah hidangan berkuah yang terdiri dari berbagai macam daging, seperti daging sapi, ayam, dan kambing, yang dimasak bersama dengan sayuran segar seperti kentang, wortel, dan tomat. Kuahnya yang gurih dan kaya akan rempah membuat Sop Saudara menjadi pilihan favorit selama bulan Ramadan di Sulawesi Selatan.

4. Sop Konro

Sop Konro merupakan hidangan yang terkenal di kota Makassar. Terbuat dari iga sapi yang dimasak dalam kuah kental beraroma rempah-rempah, Sop Konro biasanya disajikan dengan nasi putih atau ketupat, serta bawang goreng dan daun bawang sebagai taburan.

5. Pallu Butung

Pallu Butung adalah hidangan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari ikan tongkol yang dibalut dengan daun pisang dan dibakar. Kemudian, ikan tongkol tersebut dimasak dalam kuah santan kental beraroma rempah-rempah. Pallu Butung biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

6. Buras

Buras adalah makanan tradisional Sulawesi Selatan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Buras biasanya disajikan sebagai pendamping hidangan berkuah seperti Coto Makassar atau Sop Konro.

7. Es Palu Butung

Es Palu Butung adalah minuman segar yang sangat populer di Sulawesi Selatan selama bulan Ramadan.

Minuman ini terbuat dari campuran susu, santan, gula merah, dan es serut, yang kemudian disajikan dengan taburan kacang tanah dan biji selasih.

Selama bulan Ramadan di Sulawesi Selatan, hidangan-hidangan khas ini tidak hanya menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setelah berpuasa, tetapi juga menjadi bagian dari tradisi dan budaya yang harus dilestarikan.

Dengan kelezatan dan keunikan masing-masing hidangan, Ramadan di Sulawesi Selatan menjadi waktu yang dinanti-nantikan oleh banyak orang untuk menikmati sajian-sajian istimewa ini bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button