SulselNews

DLHK Bulukumba Bersama MAN 1 Tanam Pohon Peringati Hari Bumi 2024

INILAHSULSEL.COM – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bulukumba bersama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan Koramil setempat telah menggelar aksi penanaman bibit pohon sebagai bagian dari perayaan Hari Bumi 2024 di sekitar lingkungan sekolah di Kecamatan Bulukumba, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada MAN 1 Bulukumba untuk melaksanakan kegiatan sosial ini dengan menanam pohon pada Hari Bumi, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi kita terhadap bumi yang menjadi tempat tinggal bagi seluruh umat manusia,” ujar Sekretaris DLHK Kabupaten Bulukumba, Salman Z Patongai, di Bulukumba, pada hari Senin (22/4/2024).

Dia menjelaskan bahwa Hari Bumi atau Earth Day adalah acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia pada 22 April untuk menyoroti perlindungan lingkungan yang saat ini sangat penting di tengah tantangan perubahan iklim.

Anggota Babinsa Tanete, Serda Arifuddin, mengapresiasi seluruh guru, siswa madrasah, dan pihak DLHK Bulukumba yang telah menginisiasi gerakan penanaman bibit pohon dengan tujuan menjaga lingkungan. Dia berharap bahwa aksi tersebut akan terus terjaga dalam sinergi dan konsistensinya.

Di sisi lain, Kepala MAN 1 Bulukumba, Syarifuddin, menyampaikan apresiasi kepada DLHK Bulukumba atas penyediaan puluhan bibit pohon untuk ditanam oleh para siswa, serta kepada pihak Koramil Bulukumpa yang turut mendukung aksi tersebut.

“Pada Hari Bumi ini, mari kita manfaatkan kesempatan untuk menggalakkan penghijauan, mengingat kondisi bumi yang semakin terkikis dengan maraknya eksploitasi alam,” ujarnya.

Bibit pohon yang ditanam termasuk manggis, pala, ketapang kencana, rambutan, kopi, dan pucuk merah. Para siswa menanam bibit-bibit tersebut di sekitar madrasah tertua di kabupaten tersebut.

Selain di lingkungan sekolah, penanaman bibit pohon juga dilakukan oleh siswa di pinggir Jalan KH Abd Karim dan Jalan Taqwa di samping madrasah setelah apel memperingati Hari Bumi.

Apel dipimpin oleh Wakil Kepala Madrasah sekaligus Humas MAN 1 Bulukumba, Bahar, dihadiri oleh Sekretaris DLHK Bulukumba, Muh Salman Z Patongai, serta personel dari Koramil 1411-02 Bulukumpa, Serda Arifuddin dan Sertu Samsul Alam. Acara juga diikuti oleh ratusan siswa, seluruh guru, dan tenaga kependidikan MAN 1 Bulukumba.

Back to top button